Macam - macam Anomali Gigi

Macam-macam Anomali gigi

1. Taurodontia, gigi dengan ruang pulpa yang sangat panjang (tidak ada pengecilan disekitar cemento enamel junction). Dalam poto rontgen akan terlihat kamar pulpa yang sangat luas, akar pendek, dan bifurkasi hanya beberapa milimeter dari apeks.

2. Amelogenesis Imperfecta, kelainan pada struktur jaringan yang menggangu pembentukan email baik pada gigi susu maupun gigi permanent. Email dapat terbentuk sedikit atau tidak sama sekali sehingga mahkota gigi terlihat kuning kecoklatan dan permukaannya kasar.

3. Fluorosis, ganggungan email karena kelebihan fluor, email tampak  berbintik sehingga terkesan gigi berlubang-lubang

4. High fever, email berbintik  pada gigi permanent, terjadi akibat demam pada masa kanak-kanak (penyakit campak).

5. Focal Hypomaturation, bintik-bintik pada lokasi tertentu, yaitu  bagian tengah mahkota gigi, sebagian akibat adanya trauma pada pematangan matriks gigi.

6. Dentinogenesis Imperfecta, gigi tidak memiliki dentin, secara klinis warna gigi terlihat kuning/abu-abu.

7. Talon Cups, biasanya ditemukan pada bagian lingual atau palatal pada gigi incisivus permanen, letak cups talon hampir memotong bagian pulpa gigi.

8. Odontoma, pembentukan abnormal jaringan gigi karena gangguan pada lamina, dental atau folikel akibat trauma atau infeksi misalnya adamantinoma.

9. Makrodonsia :
·      Generalized Macrodonsia, adanya gigi yang lebih besar dari normal pada seluruh gigi.
·      Makrodonsia lokal, adanya satu atau sekelompok gigi yang berukuran lebih besar dari normal dan sering terjadi pada M3 RB.
Makrodonsia : macrodonsia : gigi tampak lebih besar


10. Mikrodonsia :
·      Generalized Microdonsia, adanya seluruh gigi yang tampak lebih kecil dari normal.

·      Mikrodonsia lokal, adanya suatu gigi yang berukuran lebih kecil dari normal, pada mikrodonsia selain terjadi abnormalitas bentuk gigi seperti terjadi pada gigi I2 RA.
Mikrodonsia : microdonsia : gigi tampak lebih kecil

0 Response to "Macam - macam Anomali Gigi"

Post a Comment