RESEPSIONIS
Resepsionis adalah orang/petugas yang pertama sekali
menyambut tamu dan memberi salam kepada setiap tamu yang datang lalu
mendaftarkan tamu, mencarikan kamar yang siap ditempati tamu baik atas sarannya
atau atas permintaan tamu, memberikan/mengeluarkan kunci kamar. Ia juga harus
menyediakan informasi bagi tamu sehubungan denagn pelayanan/fasilitas yang
tersedia di hotel serta informasi lainnya di luar hotel.
Berikut
ini adalah beberapa kepribadian dasar yang harus dimiliki seorang resepsionis :
1. Sopan
Santun dan ramah tamah
Seorang resepsionis yang baik harus selalu bersikap ramah,
sopan dan baik terhadap rekan sekerjanya, atasan, maupun terhadap tamu betapa
pun berat beban pekerjaannya.
·
Biasakan selalu berbicara dengan suara yang
jelas dan dengan volume suara yang menyenangkan.
·
Biasakan untuk tersenyum sewaktu berbicara.
·
Selalu mengucapkan salam kepada setiap orang
yang dijumpai baik, sesama rekan kerja, atasan maupun maupun tamu
2. Jujur
dan selalu siap menolong
Oleh karena itu,
resepsiosis selalu dituntut memiliki kemampuan dan persyaratan :
·
Berkepribadian yang baik
·
Rasa Tanggap
·
Diplomatis
·
Kerjasama
·
Loyalitas
Seorang resepsionis dituntut untuk mampu menyelesaikan
pekerjaanya. Meskipun ada penambahan jam kerja dari yang telah ditetapkan,
sebagai wujud dari rasa kesetiaannya kepada perusahaan.
·
Ketelitian
·
Penampilan yang baik, rapi dan bersih
·
Penjual yang baik
·
Rasa Tanggung Jawab
Resepsionis yang bertanggung jawab atas pekerjaaannya selalu
berusaha menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu tanpa harus selalu
diawasi oleh atasannya.
0 Response to "Resepsionis "
Post a Comment